PINGIN TAMBAHAN PENGHASILAN? CLIK DISINI Pingin tau paket tours di lombok? CLIK DISINI
  Informasi :
Bagi Teman-teman yang punya Cerita Pengalaman Wisata,baik itu wisata alam,wisata kuliner atau wisata budaya dll dan ingin mensharingkan pengalamannya, dengan senang hati saya akan memuatnya dalam blog saya di http://wisata-lombok.blogspot.com . Silahkan kirimkan cerita Teman-teman ke email saya di: rama.h1977@yahoo.co.id. Jangan lupa sertakan fotonya, judul cerita dan di akhir cerita teman-teman sertakan Nama penulis,lokasi wisata atau alamat situs teman2x kalo ada(biar kita bisa saling bertukar Link)
 jika ada pertanyaan bisa langsung tanya Via YM ato kirim Via email
MARI KITA PROMOSIKAN WISATA ALAM YANG ADA DI PULAU LOMBOK

Selasa, 16 Oktober 2012

PARADE SENI BUDAYA MENYAMBUT HARI JADI LOMBOK TENGAH


Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Lombok Tengah yang ke–67 yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2012 kemarin, diadakan Parade Budaya yang berlangsung dengan semarak. Ribuan peserta parade dari 12 Kecamatan yang ada di Lombok Tengah, Perwakilan SPKD, serta unsur–unsur masyarakat lainnya, diantaranya dari Etnis Tiong Hoa Lombok Tengah, Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lombok Tengah, Etnis Bima–Dompu juga ikut memeriahkan pelaksanaan parade. 




Para peserta parade mulai berdatangan ke Kantor Bupati Lombok Tengah yang menjadi lokasi pelepasan parade sekitar pukul 13.00 Wita. Ribuan peserta yang menampilkan berbagai macam seni budaya, mulai dari penampilan pakaian adat hingga pertunjukan berbagai macam kesenian, mulai dari kesenian tradisional berupa Gendang Beleq, Cilokak, Rebana Kasidah hingga beberapa kesenian yang bersifat modern seperti penampilan Drum Band dan Kecimol.
Tidak ketinggalan juga penampilan yang khusus dari Etnis Tiong Hoa berupa pertunjukan Tari Barongsai yang membuat decak kagum ribuan masyarakat yang menyaksikannya. Begitu pula dengan aksi Tari Barong yang ditampilkan oleh PHDI Lombok Tengah, serta pertunjukan budaya Adu Kepala atau yang terkenal dengan budaya “Ntumbu” yang dipertunjukkan oleh Etnis Bima-Dompu. Dari 12 kecamatan yang ada di Lombok Tengah, rata–rata menampilkan seni budaya berupa prosesi Nyongkolan, berupa iring–iringan pengantin, yang kemudian diikuti oleh Tetabuhan Gendang Beleq, Cilokak dan Kecimol.

Sementara antusiasme masyarakat sendiri dalam menyaksikan parade seni budaya tersebut sangat tinggi. Ribuan masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta parade. Begitu tiba di depan panggung kehormatan, sejumlah kesenian yang mengikuti parade, baik berupa Gendang Beleq, Barongsai, Seni Ntumbu dan lainnya beratraksi. Atraksi yang dilakukan membuat ribuan penonton yang tumpah ruah menyaksikan jalannya parade tersebut terhibur. Begitu pula dengan para tamu kehormatan yang berada di panggung kehormatan.





Sourche: http://lomboktengahkab.go.id/
Photographer by  Wahyu Ali

1 komentar:

Anonim mengatakan...

KEREEN YUUU....

Related Post