PINGIN TAMBAHAN PENGHASILAN? CLIK DISINI Pingin tau paket tours di lombok? CLIK DISINI
  Informasi :
Bagi Teman-teman yang punya Cerita Pengalaman Wisata,baik itu wisata alam,wisata kuliner atau wisata budaya dll dan ingin mensharingkan pengalamannya, dengan senang hati saya akan memuatnya dalam blog saya di http://wisata-lombok.blogspot.com . Silahkan kirimkan cerita Teman-teman ke email saya di: rama.h1977@yahoo.co.id. Jangan lupa sertakan fotonya, judul cerita dan di akhir cerita teman-teman sertakan Nama penulis,lokasi wisata atau alamat situs teman2x kalo ada(biar kita bisa saling bertukar Link)
 jika ada pertanyaan bisa langsung tanya Via YM ato kirim Via email
MARI KITA PROMOSIKAN WISATA ALAM YANG ADA DI PULAU LOMBOK

Rabu, 22 Juni 2011

Kejuaraan Peresean Piala Kapolda NTB

Peresean...!! yah, siapa yang tidak tahu tentang budaya yang berasal dari pulau lombok ini. Budaya Peresean atau bertarung dengan rotan memang sudah dikenal masyarakat Lombok sejak lama. hanya dengan bertelanjang dada ... dan menggunakan rotan (penjalin) sebagai pemukul dan sebuah perisai yang terbuat dari kulit hewan (ende). Para petarung (peresean) di pulau Lombok ini biasa kita sebut dengan pepadu dan wasit pinggir disebut pakembar sedi dan wasit tengah disebut pekembar.
Asal mula Peresean ini berawal dari sebuah upacara adat dari luapan emosi para prajurit jaman kerajaan dulu sehabis mengalahkan lawan di medan perang. Peresean ini sangat unik karena di padukan gaya bela diri yang di peragakan oleh para pepadu. Peraturan dalam peresean ini sangat gampang hanya tidak boleh
memukul bagian bawah perut. Kalau pepadu(petarung) kena kepala sampai bocor berarti dianggap K.O.
pertandingan tidak boleh di lanjutkan lagi kalau pepadu(petarung) mengeluarkan darah. walaupun pepadu tidak mau menyerah.
Pada tanggal 20 juli 2011 kemarin Bapak kapolda NTB telah membuka secara resmi Kejuaraan Peresean Antar Kabupaten / Kotamadya se-NTB yang bertempat di lapangan bekas kantor Bupati Lombok Barat yang di ikuti oleh seluruh pepadu dari semua kabupaten/kotamadya, yang dimeriahkan juga dengan ditampilkannya Gendang Beleg. Antusias masyarakat Lombok sangatlah besar,terbukti hari pertama kejuaraan peresean ini di banjiri oleh penonton yang sangat antusias ingin menyaksikan para pepadu-pepadu dari seluruh kabupaten/kotamadya se-NTB.

Kejuaraan Peresean memperebutkan Piala Kapolda NTB ini rencananya akan di gelar selama hampir satu minggu ini yaitu mulai tanggal 20 sampai dengan tanggal 26 juni 2011. Hari pertama kejuaraan peresean ini mempertemukan antara pepadu dari Lombok Timur dengan pepadu dari Lombok Barat. Kebetulan hari itu saya menyempatkan untuk datang menonton, dengan harga tiket lumayan terjangkau hanya Rp.5000/orang, kita sudah dapat masuk plus diberi minuman  salah satu sponsornya. Lumayan lama saya tidak pernah menonton peresean ini, sampai-sampai saya ikut larut dalam hiruk pikuk penonton yang memadati arena luar pertarungan.
Oke deh teman-teman... mungkin itu aja yang bisa saya ceritakan, bagi teman-teman yang belum sempat datang, buruan deh…

Info: bagi teman-teman yang punya cerita menarik tentang wisata apa aja khususnya di pulau Lombok dan ingin mensharingkan dengan kami,silahkan kirimkan cerita anda beserta fotonya ke alamat email saya di : rama.h1977@yahoo.co.id di tunggu ya…..

Tidak ada komentar:

Related Post